News

Sustainabilllty Financing Patnership with PT. Bank DBS Indonesia
Sustainabilllty Financing Patnership with PT. Bank DBS Indonesia

Sustainabilllty Financing Patnership with PT. Bank DBS Indonesia


PT Sumatera Timberindo Industry (STI) bekerjasama dengan PT. Bank DBS Indonesia dalam pembiayaan ekspor dan pinjaman untuk usaha ramah lingkungan

PT Sumatera Timberindo Industry (STI) bekerjasama dengan PT. Bank DBS Indonesia dalam pembiayaan ekspor dan pinjaman untuk usaha ramah lingkungan  (export financing sustainability-linked loan). PT Sumatera Timberindo Industry (STI) merupakan salah satu produsen pintu kayu premium yang terkemuka di Indonesia, berdiri selama 25 tahun di industri mebel kayu spesialis pembuatan pintu eksternal dan internal yang  tahan api yang dibuat dari kayu buatan yang telah mendapat sertifikat dari Inggris (FD30). Selain itu STI juga memproduksi  pintu balkon merbau tanpa sambungan dan dengan sambungan jari berlaminasi.

 PT Sumatera Timberindo Industry disertifikasi dengan berbagai sistem manajemen kualitas yang dapat dipertanggungjawabkan seperti ISO 9001: 2015 oleh URS, SVLK (sistem Jaminan Legalitas Kayu Indonesia) oleh Sucofindo, Penilaian Kebakaran Global FD30 oleh Elements Group UK dan FSC Chain of Custody (CoC) oleh SGS Indonesia. Bahan-bahan yang digunakan bersumber dari hutan dan rantai pasokan yang dikelola secara bertanggung jawab. Semua produk yang dihasilkan  menghargai hak secara tradisional maupun sipil dan tidak mengancam wilayah dengan nilai konservasi tinggi (HCV).

Bentuk kerja sama STI dengan Bank DBS dalam menyediakan layanan perbankan berlangsung sejak 2006, selain pembiayaan ekspor dan pinjaman untuk usaha ramah lingkungan, Bank DBS Indonesia juga menyediakan asuransi bancassurance untuk pejabat eksekutif tertinggi STI. Hidayat Ang, Direktur PT Sumatera Timberindo Industry, produk berkualitas tinggi yang diproses secara bertanggung jawab dan berkelanjutann serta akan menjadi sebuah jalan bisnis di masa depan “Untuk produsen seperti kami, sertifikasi FSC penting karena mengacu pada nilai dasar kami untuk beroperasi secara berkelanjutan dan bertanggung jawab. Produk yang dihasilak oleh STI dibuat secara bertanggung jawab pada setiap tahapan produksi mulai dari bahan kayu yang diambil hutan, produksi dan toko.

Produk premium diproduksi secara sadar lingkungan dengan berpegang teguh pada hak-hak tradisional dan sipil, dan tidak mengancam kawasan bernilai konservasi tinggi. Terlebih lagi, pelanggan saat ini lebih sadar lingkungan dan ingin diyakinkan bahwa produk dan layanan yang mereka peroleh memenuhi hal tersebut.” Hidayat menambahkan bahwa sinergi STI dengan DBS dalam memajukan upaya bisnis yang berkelanjutan tidak hanya mendukung pertumbuhan jangka panjang perusahaan tetapi juga memberdayakan masyarakat dan komunitas setempat untuk melakukan sesuatu yang baik bagi lingkungan.