Tips

 Tips Memilih Pintu yang Sesuai dengan Desain Bangun
Tips Memilih Pintu yang Sesuai dengan Desain Bangun

Tips Memilih Pintu yang Sesuai dengan Desain Bangun


Desain bangunan sangat berpengaruh dalam menonjolkan nilai estetika

Desain bangunan sangat berpengaruh dalam menonjolkan nilai estetika, berbagai jenis desain yang biasa ditemui pada bangunan rumah, kantor, apartement dan hotel yaitu minimalis, modern, bohemia, art deco, kontemporer, vintage, tradisional, elektrik dan rustic. Salah satu faktor pendukung yang dapat membuat bangunan menjadi unik adalah pintu, adapun pintu terbagi menjadi dua bagian diantaranya pintu internal dan pintu eksternal. Berikut adalah beberapa tips dalam memilih pintu :

  1. Pilih pintu yang sesuai dengan desain bangunan Anda, berbagai jenis desain bangunan menjadi hal penting untuk diperhatikan. Kesesuaian pemilihan pintu dengan model rumah dapat menambah nilai estetika pada bangunan sehingga perlu untuk melihat referensi model-model pintu yang unik dan menarik. Selain itu, Anda dapat men-custome pintu sesuai dengan keinginan Anda. Apabila Anda ingin meng-custome pintu sediakan ukuran, model dan jenis kayu yang ingin digunakan.
  2. Pilih jenis kayu, ukuran dan bahan yang bagus serta tahan lama. Hal ini perlu dilakukan agar pintu yang Anda gunakan bukan hanya bernilai estetik namun juga dapat dipakai dalam jangka waktu panjang. Jenis kayu dapat berpengaruh pada kualitas pintu sehingga konsumen perlu memperhatikan hal ini. Adapun jenis kayu diantaranya kayu meranti, merbau, engineering, HPL, fingerjoint, suntai, sembarang keras solid OAK, damar laut, dan lain sebagainya. Sebaiknya dalam memilih  pintu sesuaikan dengan jenis pintunya, apabila Anda mencari pintu eksternal maka bahan yang bagus digunakan adalah damar laut dan merbau karena jenis pintu ini tahan terhadap perubahan iklim dan jenis pintu yang cocok untuk pintu internal Anda dapat menggunakan jenis kayu meranti, fingerjoint, natura karena bahan ini memiliki harga yang terjangkau.
  3. Pastikan Anda memilih perpaduan warna yang sesuai dengan bangunan, hal ini dapat mempengaruhi keunikan bangunan. Pintu menjadi tempat keluar masuk sehingga menjadi salah satu pusat perhatian banyak orang. Sebaiknya pilihlah desain pintu yang simple namun menarik serta pilihlah warna yang dapat mengkomunikasikan secara visual terkait dengan suasana yang ingin Anda tonjolkan pada bangunan rumah maupun gedung perkantoran.
  4. Sesuaikan dengan budget yang dimiliki, hal ini sangat perlu untuk dilakukan sehingga Anda tidak melebihi budget dalam memesan pintu, pergunakanlah dana yang Anda miliki secara efisien. (Lamria)